ITTelkom Surabaya Kembali Gandeng ABKIN untuk Mengadakan Pelatihan Online Guru Bimbingan Konseling

Oleh : Edy Prajaka
Edited: 17-11-2021

ITTelkom Surabaya kembali menyelenggarakan pelatihan online untuk guru di seluruh Indonesia yang kedua kalinya. Tidak jauh beda dengan yang sebelumnya, pelatihan tersebut untuk meningkatkan kompetensi keahlian tenaga pendidik tersebut bekerja sama dengan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN).  Pelatihan yang diadakan selama 11 hari mulai tanggal 6 Juni sampai 16 Juni 2020 dengan 2 hari pertama dilaksanakan secara live dari Kampus ITTelkom Surabaya. Pelatihan ini dihadiri oleh para guru bimbingan konseling dan pemateri dari kampus lainnya di Kampus Institut Teknologi Telkom Surabaya. Sebagai narasumber utama yaitu Dr. Tri Arief Sardjono, S.T., M.T yang juga Rektor ITTelkom Surabaya, Didiek Budihardjo, M.M, M.Pd., dan Wiryo Nuryono, S.Pd., M.Pd. dari Universitas Negeri Surabaya. Selain tiga narasumber tersebut, pelatihan ini juga diisi oleh beberapa narasumber pendamping dari berbagai kampus dan lembaga pendidikan yang ada di Indonesia.

Seminar live yang merupakan salah satu rangkaian acara dari pelatihan peningkatan kompetensi keahlian tenaga pendidikan ini akan dihadiri oleh lebih dari 1000 peserta dari seluruh Indonesia. Seminar live yang diadakan selama dua hari ini akan dibagi menjadi 3 sesi perharinya. Sesi pertama akan diisi oleh Pak Tri Arief Sardjono dan Pak Didiek Budihardjo. Pak Tri Arief Sardjono akan memaparkan tentang “Strategi Kompleks Managemen IT Dalam Peningkatan SDM Tenaga Pendidik”. Kemudian akan dilanjut ke sesi kedua dan ketiga yang akan diisi oleh narasumber pendamping. Pada hari kedua pada sesi pertama, akan diisi oleh Wakil Rektor 3 ITTelkom Surabaya yakni Tri Agus Djoko Kuntjoro, sesi kedua akan diisi oleh narasumber pendamping dan sesi ketiga akan diisi oleh Wiryo Nuryono, S.Pd., M.Pd.

Narasumber pendamping yang mengisi materi kali ini meliputi Dr. Suhudi, M.Pd dan Dr. Bakhrudin Al Habsyi, M.Pd dari Universitas Darul Ulum Jombang, Dr. Wahyu Kurniawan, SH., LLM selaku Direktur Sekolah Wijaya Putra Surabaya, Dr. Dody Hartanto, M.Pd dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Juster Donal Sinaga, M.Pd dari Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Dr. H. Agus Akhmadi, M.Pd dari Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Drs. Toto Basuki, M.Pd selaku Widyaiswara LPMP Jatim, dan Dr. Amdani Sarjun, M.Pd selaku Bendahara PB ABKIN.

Pelatihan online yang berjudul “Pengembangan Diri Pendidik dalam Penanganan Siswa Terdampak Syndrom Game dan Pengendalian Agresifitas Siswa untuk Pencapaian Maksimal Pendidikan Karakter” ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi keahlian dan menambah wawasan guru dalam mengajar, terutama di era digital dan masa-masa belajar dari rumah.  Beberapa peserta yang mengikuti pelatihan Peningkatan Kompetensi Keahlian Tenaga Pendidikan Mahir memberikan ulasan positif terhadap acara ini. Sistem pelaksanaan seminar sama dengan sebelumnya diadakan secara online melalui Aplikasi Zoom sehingga peserta yang mengikuti tidak perlu datang ke lokasi pelatihan dan cukup mengikuti acara dari rumah saja karena mengingat Wabah COVID-19 yang belum mereda dari negara ini membuat semua aktivitas harus dilakukan secara online dan tetap di rumah saja.

Lukmanul Hakim dari Bogor mengatakan, “Setelah mengikuti acara pelatihan ini, saya pribadi telah mendapatkan banyak ilmu baru dan tetap antusias mengikuti acari ini sampai selesai. Harapan saya dengan adanya acara ini bisa memajukan pendidikan yang ada di indonesia.”

“Terima kasih telah mengadakan pelatihan untuk  guru BK, saya merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini karena bisa menjadikan solusi bagi peserta didik yg telah kecanduan game online”, kata Suratinem dari Pontianak Harapan diadakan pelatihan online untuk guru BK dan Peserta yang mengikuti sesi 2 ini adalah bisa memberikan wawasan dan pelatihan peningkatan keahlian tenaga pendidik ini dan bisa mengembangkan potensi guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan teknologi saat ini. Para guru juga bisa menemukan solusi untuk mengatasi masalah siswanya dengan mengubah pola pikir mereka terutama pada perilaku siswa yang agresif di dunia game. Selain itu, pelatihan ini juga merupakan salah satu penerapan tri dharma perguruan tinggi dan bentuk pengabdian sivitas akademika ITTelkom Surabaya kepada masyarakat Indonesia.  

 

Sumber: https://ittelkom-sby.ac.id/pelatihan-online-guru-bk-bersama-abkin/