KOLABORASI SEMI VIRTUAL : HMPS BK DAN BCNC HADIRKAN KETUA ABKIN DALAM WEBINAR NASIONAL

Oleh : Edy Prajaka
Edited: 17-11-2021

Rabu 02 Juni 2021, program studi BK berkolaborasi dengan HMPS BK kembali berhasil melaksanakan kegiatan BCNC (Bukittinggi Counselling National Conference) sebagai produk akhir dalam mata kuliah Profesionalisasi Profesi Konseling (PPK) dimana kali ini merupakan perhelatan BCNC untuk kedua kalinya (BCNC II). Kegiatan dihadiri dan dibuka secara virtual oleh dekan FTIK IAIN Bukittinggi, Ibu Dr. Zulfani Sesmiarni, M.Pd

Dalam kegiatan BCNC II ini ada 2 (dua) kegiatan utama yang dilakukan yaitunya webinar nasional serta prosiding. Adapun tema yang diangkat dalam Webinar Nasional kali ini adalah “Adaptasi dan Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemic” dimana tema ini sangat relevan sekali dengan kondisi yang sedang dihadapi oleh dunia saat ini khususnya di Indonesia yang juga turut memberikan pengaruh terhadap aktivitas manusia tidak terkecuali aktivitas pelayanan konseling. Dengan adanya tema ini diharapkan dapat memberikan pemahaman, pengetahuan serta keterampilan baru bagi pelaksana layanan konseling untuk dapat beradaptasi serta berinovasi. Pandemi yang terjadi tidak menjadi halangan dan hambatan untuk tetap memberikan pelayanan konseling yang terbaik. Sebagai narasumber dalam webinar nasional ini, telah hadir Prof. Dr. Farozin, M.Pd (Ketua ABKIN), Dr. Zamroni, S. Psi., M.Pd (Dosen UIN Malang), serta Alfi Rahmi, M.Pd (Dosen sekaligus Ketua Prodi BK IAIN Bukittinggi).

Selain webinar nasional, dalam pelaksanaan BCNC II ini juga dilaksanakan kegiatan prosiding yang nantinya dapat menyaring tulisan-tulisan terbaik dan layak dari para peserta untuk dipublikasikan.

Meskipun dalam situasi pandemic yang menyebabkan kegiatan dilakukan secara virtual, tidak mengendurkan animo peserta yang hadir. Hal ini terbukti dengan hadirnya ±450-an peserta dari seluruh pelosok Indonesia baik dari kalangan guru, konselor, mahasiswa, maupun umum.

 

Sumber:  https://ftik.iainbukittinggi.ac.id/berita-fakultas/kolaborasi-semi-virtual-hmps-bk-dan-bcnc-hadirkan-ketua-abkin-dalam-webinar-nasional/