Jurusan BK UNNES bersama PD ABKIN Jateng Gelar Webinar Hasil Riset Doktor BK

Oleh : Edy Prajaka
Edited: 17-11-2021

1 Juni 2021 telah dilaksanakan Webinar dengan tema Hasil Riset Doktor BK melalui aplikasi Zoom Meeting. Webinar ini merupakan kegiatan kolaborasi antara PD ABKIN Jateng dengan jurusan Bimbingan dan Konseling UNNES.

Webinar diawali dengan doa lalu dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua Panitia yaitu Dr. Hanung Sudibyo, M.Pd. Setelah sambutan tersebut, Bapak Dr. Edy Purwanto, M.Si. selaku Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES yang ikut hadir dalam acara ini memberikan sambutannya dan membuka acara Webinar Hasil Riset Doktor BK. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan publikasi dan hilirisasi merupakan hal yang harus dilakukan peneliti untuk dapat menebarkan manfaat dari hasil penelitiannya.

Setelah kegiatan Webinar dibuka langsung oleh Bapak Dr. Edy Purwanto, M.Si., ketua PD ABKIN Jateng yaitu Bapak Prof. Dr. DYP. Sugiharto, M.Pd., Kons. memberikan pengantar pemikiran Webinar. Sebagai pengantar, beliau menyampaikan 5 analisis kunci terkait dengan relevansi memanfaatkan hasil riset untuk mengembangkan teori dan praksis profesi BK. Beliau juga menyampaikan bahwa dalam webinar ini peserta diharapkan dapat menikmati dan menganalisis topik-topik hasil penelitian yang akan disampaikan untuk menjadi inspirasi dalam dunia praksis Bimbingan dan Konseling yang menjadi peluang emas bersama. Sebagai penutup, beliau mengajak peserta untuk mengikuti webinar hingga akhir.

Pada webinar ini, terdapat 6 orang Doktor Bimbingan dan Konseling yang menjadi pemateri yang akan menyampaikan materinya. Penyampaian materi di bagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama terdapat Bapak Dr. Suharso, M.Pd., Kons. dengan judul penelitian Pengaruh Kompetensi, Persepsi Peran, dan Dukungan Sosial terhadap Kinerja melalui Komitmen Kerja pada Guru BK, dilanjutkan oleh Ibu Dr. Sinta Saraswati, M.Pd., Kons. dengan judul penelitian Pengembangan Model Bimbingan Karier Berkelanjutan Berorientasi Career Engagement untuk Mahasiswa dan sesi 1 ditutup oleh Bapak Dr. Gudnanto, M.Pd., Kons. dengan judul penelitian Pengembangan Modul Konseling Model KIPAS untuk Internalisasi Modal Hidup GusJiGang pada Siswa SMK Kabupaten Kudus. Kemudian, pada sesi ke2 terdapat 3 pameteri yaitu Ibu Dr. Tri Widati S.A., M.Pd. dengan judul Pengembangan Model AP2BK2 (Aplikasi Penyusunan Program BK Komprehensif) berbasis TIK untuk Meningkatkan Kinerja Guru BK SMA/MA Kabupaten Sukoharjo, dilanjutkan oleh Bapak Dr. Heru Mungiarso, M.Pd., Kons. mengenai Pengembangan Model Pelatihan Berstrategi Experiental-Blended Learning untuk Meningkatkan Kompetensi Multikultural Konselor dan terakhir oleh Bapak Dr. Tri Laksono Prohandoko, S.Kom., M.Pd., Kons. dengan judul Pengembangan Layanan Konseling Go Couns untuk Mengembangkan Self Esteem. Setelah sesi penyampaian materi maka webinar dilanjutkan ke sesi diskusi antara peserta dengan pemateri.

Berakhirnya sesi diskusi maka berakhir pula Webinar Hasil Riset Doktor BK. Sebelum menutup kegiatan, Ketua Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNNES, Bapak Kusnarto Kurniawan, M.Pd., Kons. memberikan kalimat penutup yaitu harapannya hasil riset tersebut tidak hanya menjadi menara gading tetapi juga dapat mendarat dan membumi untuk diterapkan di lapangan oleh guru Bimbingan dan Konseling. Dalam kalimat penutupnya belaiu menyampaikan harapannya yaitu “Semoga kegiatan ini bermanfaat dan termanfaatkan dengan baik,” sambil menutup kegiatan Webinar.

 

Sumber: https://bk.unnes.ac.id/jurusan-bk-unnes-bersama-pd-abkin-jateng-gelar-webinar-hasil-riset-doktor-bk/