LAB BK DAN PD ABKIN SUMATERA UTARA SELENGGARAKAN BEDAH BUKU

Oleh : Agus Triyanto
Edited: 23-07-2021

LAB. BK FIP UNIMED & PD ABKIN SUMUT mengadakan Webinar Bedah Buku. Topic pada Webinar ini kali ini adalah Webinar Bedah Buku Resiliensi Mahasiswa Dalam Belajar. Webinar diadakan pada Jumat, 7 Mei 2021 dimulai pada pukul 14.00 WIB. Buku yang dibedah pada webinar ini adalah ciptaan dari Prof. Dr. Asih Menanti M.S, S.Psi dan Tim. Webinar ini diikuti oleh lebih dari 700 orang partisipan mulai dari Guru-Guru BK, Dosen-Dosen BK FIP UNIMED serta Mahasiswa BK FIP UNIMED.

Pembedah buku pada wabinar ini dibedah oleh 3 orang pembedah. Yang pertama dibedah oleh Ibu Nani Barorah Nst S.Psi, M.A, Ph.D selaku Wakil Dekan 1 FIP UNIMED. Pembedah Kedua dibedah oleh Bapak Ramadhan Syah S.Pd, Kons selaku Praktisi BK SMAN 17 MEDAN. Pembedah Ketiga dibedah oleh Bapak Gusman Lesmana S.Pd, M.Pd selaku Dosen BK UMSU.

Wabinar ini juga dihadiri oleh Bapak Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Bapak Prof. Yusnadi M.S. Di dalam kata sambutannya beliau menyampaikan bajwa kegiatan ini merupakan jembatan awal untuk menyambungkan kegiatan-kegiatan BK di FIP UNIMED dengan Pengurus Daerah ABKIN SUMUT. Beliau juga mengapresiasi Prof. Asih dan tim karena telah membuat buku yang sangat baik. Selain itu turut berhadir juga Ibu Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Wakil Dekan 3 Fakultas Ilmu Pendidikan UNIMED. Turut berhadir juga Ketua Jurusan Bimbingan Konseling FIP UNIMED Mirza Irawan S.Pd, M.Pd, Kons.

Webinar ini juga dihadiri oleh Kepala Laboratorium BK FIP UNIMED Ibu Dra. Rahmulyani M.Pd, Kons. Beliau Menyampaikan bahwa webinar ini dilaksanakan untuk persiapan akreditasi jurusan di 5 tahun mendatang. Prodi BK FIP UNIMED termasuk kedalam 10 prodi terfavorit di Universitas Negeri Medan. Prodi BK FIP UNIMED juga sudah meraih akreditasi A terhitung dari tahun 2019.

Pembedah Buku 1 Oleh Ibu Nani Barorah Nst S.psi, M.A, Ph.D Menyampaikan bahwa buku ini diterbitkan hasil dari need asesment mahasiswa yaitu berdasarkan penelitian skripsi yang telah dilakukan oleh mahasiswa maka dengan adanya buku ini maka terjawablah pertanyaan-pertanyaan terkain Resiliensi ini. Pembedah 1 juga menyampaikan bahwa buku ini sangat perlu dibaca bagi mahasiswa karena mengingat UNIMED menerapkan 6 Tugas KKNI sehingga mahasiswa yang memiliki resiliensi yg tidak baik sehingga dengan membaca buku ini setidaknya dapat memiliki resiliensi yang positif dan membaik.

Pembedah Buku 2 Oleh Bapak Ramadhan Syah S.Pd, Kons menyampaikan bahwa buku ini harus dimiliki oleh mahasiswa, guru BK serta dosen BK. Menurut Beliau resiliensi adalah kemampuan menilai, mengatasi dan mengubah kesengsaraan hidup dengan pikiran dan hati yang jernih. Jika diterjemahkan makna hati disini adalah “Apakah jika kita jatuh di dalam sebuah kegagalan kita harus berada di dalam kegagalan tersebut.” Hakikat Kehidupan menurut beliau adalah Silih Berganti antara Kebahagiaan dan Masalah. Diakhir Beliau Menyampaikan Kunci Resiliensi adalah Kenali Pikiran Sendiri, Bangun Keyakinan Diri, Manfaatkan Kekuatan Diri.

Pembedah Buku 3 Oleh Bapak Gusman Lesmana M.Pd beliau menyampaikan resiliensi yang rendah penting ditingkatkan, resiliensi yang cukup perlu diperkuat, resiliensi yang tinggi penting dipelihara kestabilannya.

 

Sumber: https://fip.unimed.ac.id/2021/05/lab-bk-dan-pd-abkin-sumatera-utara-selenggarakan-bedah-buku/