2.312 Guru BK Ikuti Diklat Online Peningkatan Kompetensi Bersama Unikama

Oleh : Agus Triyanto
Edited: 23-07-2021

MALANG - Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) tak henti-hentinya memberikan kontribusi di dunia pendidikan. Kali ini, Unikama bekerja sama dengan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) menggelar Diklat Online Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling (BK), pada Selasa (27/04/2021).

ADVERTISEMENT

Ketua Panitia Dikat Online, Ali Ismail, menyampaikan bahwa kegiatan bertajuk "Belajar Psikoterapi dan Konseling Praktis untuk Optimalisasi Pelayanan Bagi Peserta Didik" ini, berlangsung selama 4 hari berturut-turut, tepatnya pada 27-30 April 2021, melalui Zoom dan turut ditayangkan di YouTube Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.

Kegiatan ini menyasar peserta guru BK tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK di seluruh Indonesia.

Ketua Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) Kota Surabaya, Dr Didiek Budihardjo MM MPd, saat menjadi keynote speaker. Foto: Tangkapan layar kegiatan acara Diklat Online Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling.

"Tahun-tahun sebelumnya kegiatan ini dilakukan luring di kampus Unikama. Maka menyesuaikan dengan keadaan saat ini, acara kita laksanakan secara daring dan sampai terakhir masa pendaftaran kurang lebih ada 2.312 peserta," ujarnya.

Turut membuka kegiatan, Wakil Rektor Bidang Akademik Unikama, Dr Sudi Dul Aji MSi, menjelaskan bahwa peningkatan kompetensi Guru BK seperti ini, menjadi kebutuhan yang tak bisa dipisahkan bagi dunia pendidikan, utamanya di masa pandemi.

ADVERTISEMENT

"Kalau di lapangan bisa dilihat peran BK sangat diperlukan untuk membimbing putra putri dalam proses belajar. Bagaimana proses pembelajarannya, saat peserta didik kesulitan belajar, kesulitan komunikasi dan sebagainya, inilah yang nanti akan dikembangkan dipelajari bersama untuk bisa meningkatkan kompetensi guru BK yang ada," tambahnya.

Para Guru BK sekaligus peserta Diklat Online Peningkatan Kompetensi Guru BK dan Konseling. Foto: Tangkapan layar kegiatan acara Diklat Online Peningkatan Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling.

Lebih jauh, kegiatan ini juga dalam rangka untuk memperkenalkan kembali kampus Unikama pasca berganti nama pada tahun 2020 lalu.

Pihaknya juga siap memfasilitasi siapapun peserta didik yang ingin melanjutkan studi lebih lanjut ke Perguruan Tinggi.

Tak sampai disitu, Ketua ABKIN Kota Surabaya, Dr Didiek Budihardjo MM MPd, merasa bangga dan memberikan apresiasi atas terlaksanakanya diklat virtual ini.

 

Dia berharap, para guru BK yang hadir mengikuti serangkaian acara dapat menjaring ilmu sebaik mungkin, untuk nantinya ditetapkan pada sekolah masing-masing.

ADVERTISEMENT

"Tujuan kita adalah bersama menerima ilmu tentang ke-BK-an. Apalagi materinya langsung dari para pakar yang ahli di bidangnya. Jadi jangan sia-siakan waktu. Kita pakai semuanya untuk membentuk karakter anak bangsa," tegas pria yang juga menjadi keynote speaker tersebut.

Untuk diketahui, sederet narasumber dihadirkan guna mengisi materi yang menarik. Diantaranya, Dosen Universitas Negeri Padang, Ifdil SHI SPd MPd PhD Kons, dengan materi Ifdul Perceptual Light Technique (IPLT), pada 27 April 2021.

Kemudian, Ketua MGBK SMA Kota Malang, Rosa Irawati SPd MPd, dengan tema Konseling Realita dengan Visual Art, pada 28 April 2021.

Juga ada Ketua MGBK SMA Kabupaten Malang, Inta Elok Youarti SPd MPd, dan Dosen BK Unikama, Imam Arifuddin MPd, dengan tema Keterampilan Berfikir dalam Proses Konseling serta Konseling Naratif untuk Mengatasi Public Speaking Apprehension, pada 29 April 2021.

ADVERTISEMENT

Ditutup penyampaian materi oleh Dosen University Malaysia Sarawak asal Malaysia, Dr Merikan Aren KBPA, dengan tema Healing with Art, pada 30 April 2021 mendatang.

Disamping itu, saat ini Unikama juga tengah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru dan mendekati penutupan gelombang I yang sudah dibuka sejak 1 Januari hingga 30 April 2021. Sementara untuk gelombang II dibuka pada 1 Mei sampai 31 Juli 2021 dan gelombang III pada 1 Agustus sampai 30 September 2021.(ads)

 

Sumber: https://kumparan.com/tugumalang/2-312-guru-bk-ikuti-diklat-online-peningkatan-kompetensi-bersama-unikama-1vdPijV5mzb